Konfigurasi NFS di CentOS 7



Konfigurasi NFS di CentOS 7



Konsep Dasar :

NFS (Network File System) adalah sebuah protokol berbagi pakai berkas melalui jaringan. NFS ini meng-share file ataupun resource melalui network atau jaringan tanpa peduli sistem operasi yang digunakan apa.NFS dapat mengizinkan klien-klien untuk menemukan dan mengakses berkas yang disimpan di dalam server jaringan jarak jauh.

Keuntungan dari NFS :

Penggunaan NFS tentunya membawa keuntungan bagi organisasi yang mengimplementasikannya , diantaranya :
  • Workstation lokal dapat menggunakan space storage yang lebih sedikit karena data yang sering diakses oleh banyak orang atau yang memakan banyak space dapat disimpan dalam NFS Server dan tetap dapat diakses oleh banyak orang. 
  • Tidak perlu dibuat direktori Home yang terpisah ditiap workstation.Direktori Home untuk setiap user dapat dibuat di NFS Server dan tiap user dapat mengaksesnya melalui jaringan. 
  • Penggunaan NFS memungkinkan manajemen yang tersentralisasi. Manajemen yang tersentralisasi ini dapat mengurangi pekerjaan administrator dalam melakukan back-up dan menambahkan software yang digunakan banyak orang . 
Konfigurasi :


1.pertama, install dahulu paket NFS nya di server, dengan perintah :



2.setalah itu, jalankan rpcbind,nfs-server,nfs-lock dan nfs-idmap nya.


3.kemudian aktifkan rpcbind,nfs-lock,nfs-server dan nfs-idmap nya


4.lalu, buat direktori baru. saya membuat nama direktori tersebut dengan nama “sharedata” dan berikan hak akses ke direktori tersebut



5.kemudian, buka dan edit file “nano /etc/exports”


6.setelah itu, masukan script seperti gambar dibawah ini. jika sudah silahkan di save dengan cara tekan "insert" lali "Esc" dan ketik wq:


7.lalu restart lah nfs-server tersebut


8.terus Kita cek konfigurasi apakah folder yang di share berjalan dengan baik menggunakan perintah


9.kemudian kiita harus konfigurasi firewall pada Server NFS untuk memungkinkan client dapat mengakses folder yang di share pada NFS Server






Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMK-TI BLOG

OLX

Instagram

Popular Posts

Followers

Label